Mengenal Jenis Kangguru, Klasifikasi, Ciri dan Makanannya


Setiap hewan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, dan salah satu contohnya adalah kanguru. Kanguru, yang merupakan mamalia, membedakan dirinya dengan adanya kantong marsupialia di depan tubuhnya. Kangguru ini adalah salah satu hewan khas Australia, dan kata "kanguru" berasal dari bahasa Aborigin, yaitu "gangguru." 

Selain kanguru, banyak marsupial lainnya, seperti wallaby, wallaroo, quokka, koala, oposum, dan wombat, juga memiliki kebiasaan menyimpan anak-anak mereka di dalam kantong selama beberapa bulan pertama kehidupan mereka. Dalam bahasa Latin, kantong ini disebut "marsupium," yang artinya adalah 'kantong.'

Melalui artikel ini, penulis akan membahas tentang jenis kangguru, klasifikasi, ciri dan makanannya. Yuk simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.

Jenis-jenis Kangguru

Berikut ini beberapa jenis-jenis kangguru yang perlu diketahui di bawah ini:

1. Kanguru Abu-abu Timur

 Kanguru Abu-abu Timur bisa ditemukan di daerah subur Australia anggota timur.

2. Kangguru Abu-abu barat

 Kangguru Abu-abu barat ditemukan di Autralia anggota barat dan anggota selatan dekata dengan pantai dan basin Sungai Draling. Kanguru Abu-abu hidup di hutan-hutan eukaliptus yang buka dan di daerah berumput dan memakan rumput.

3. Kanguru Merah

Kanguru Merah yaitu hewan marsupial terbesar yang masih hidup. Jika berdiri tingginya bisa mencapai bertambah dari 2 meter dan bobotnya mencapai 90 kg.

Kanguru jenis ini biasanya berkampanye dalam golongan luhur. Mereka tidur di masa siang yang hawanya sangat panas. Apabila tidak berada cairan, mereka akan mencari kelembaban dari tumbuhan hijau. Mereka juga hanya akan berkembangbiak apabila berada hujan dan tumbuh tanaman baru.

Klasifikasi Kangguru

Berikut ini adalah klasifikasi kangguru yang perlu diketahui:

Kerajaan          : Animalia

Filum             : Chordata

Kelas             : Mammalia

Upakelas          : Marsupialia

Ordo                  : Diprotodontia

Upaordo          : Macropodiformes

Famili                : Macropodidae

Genus                : Macropus

Ciri ciri Kangguru

Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama kanguru yang perlu diketahui:

1. Kantong Marsupialia

Salah satu ciri paling mencolok dari kanguru adalah adanya kantong marsupialia di perut betina. Kantong ini digunakan untuk membawa dan merawat anak kanguru yang masih sangat kecil dan belum berkembang sempurna. Kantong ini memberikan perlindungan dan lingkungan yang nyaman bagi bayi kanguru.

2. Tubuh Bertubuh Besar dan Kaki Panjang

Kanguru memiliki tubuh besar dengan kaki panjang yang kuat. Kakinya yang kuat memungkinkan mereka melompat dengan jarak yang sangat jauh dan dengan kecepatan tinggi. Kanguru adalah hewan mamalia pengerat yang memiliki kemampuan melompat yang sangat baik.

3. Morfologi yang Berbeda-Beda

Ada berbagai jenis kanguru yang berbeda, termasuk kanguru merah, kanguru abu-abu, dan lainnya. Kanguru merah, misalnya, adalah yang terbesar dan memiliki warna bulu merah coklat yang khas, sedangkan kanguru abu-abu lebih kecil dengan bulu abu-abu yang halus.

4. Herbivora

Kanguru adalah hewan herbivora, yang berarti bahwa makanan utama mereka adalah tumbuhan. Mereka biasanya merumput di padang rumput Australia yang luas dan juga mengonsumsi dedaunan serta tanaman lainnya.

5. Hewan Sosial

Kanguru sering hidup dalam kelompok sosial yang disebut mob atau troop. Mereka memiliki hierarki sosial yang kompleks dan berkomunikasi satu sama lain melalui berbagai cara, termasuk suara dan gerakan tubuh.

5. Adaptasi Lingkungan

Kanguru telah beradaptasi dengan lingkungan keras Australia yang penuh dengan padang rumput kering. Kemampuan melompat mereka membantu mereka mencari makanan dan melarikan diri dari pemangsa dengan cepat.

6. Aktivitas Malam dan Siang

Ada beberapa jenis kanguru adalah hewan yang aktif pada malam hari (nocturnal), sementara yang lainnya lebih aktif pada siang hari (diurnal), tergantung pada spesiesnya.

7. Pemangsa

Kanguru memiliki sedikit pemangsa alami di Australia. Pemangsa utamanya adalah dingo (anjing liar Australia) dan elang.

Makanan Kangguru

Makanan Kangguru memiliki serat tinggi dan rendah protein. Seperti rerumputan, daun dan semak belukar. Hewan yang suka memakan makanan yang kaya akan kandungan serat ini, biasa dikenal dengan hewan pemamah biak.

Bayi kangguru Sebelum tumbuh dan berkembang menjadi kanguru dewasa. Bayi kanguru (joey) akan naik ke kantong induknya dan bertahan hidup di sana selama hampir 9 bulan dengan susu yang diperoleh dari ibu kanguru.

Makanan Kangguru yang hidup di alam liar 

1. Makanan kanguru merah (Macropus rufus)

Kanguru merah yang biasa hidup di habitat gurun Australia biasa makan rumput dan semak belukar. Hewan ini mampu bertahan hidup di lingkungan dengan minim air. Kanguru merah termasuk ke dalam hewan nokturnal dan krepuskular.

2. Makanan kanguru abu-abu Timur (Macropus gigatus)

Kanguru abu-abu Timur yang biasa disebut kanguru kelabu besar ini banyak ditemukan di bagian Australia yang lebih basah dan lebih suka pada padang rumput terbuka. Mereka biasa makan rumput dan dedaunan.

3. Makanan kanguru abu-abu Barat (Macropus fuliginosus)

Hampir sama dengan kanguru abu-abu Timur, kanguru abu-abu Barat yang hidup di bagian selatan Australia ini juga memakan rumput, semak berdaun, dan pohon rendah, terutama di malam hari.

Demikianlah pembahasan tentang Mengenal jenis Kangguru,klasifikasi, ciri, dan makanannya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, sekian dan terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Fakta Menarik Anjing Alaskan Malamute yang Perlu Diketahui

5 Fakta Menarik Chuckwalla, Hewan Reptil yang Dapat Berubah Bentuk Balon!

10 Jenis Kucing Besar di Dunia yang Cocok Dipelihara