10 Jenis Kucing Besar di Dunia yang Cocok Dipelihara


Bagi para pecinta kucing tentu akan terpesona dengan daya tarik yang dimiliki oleh kucing. Tak hanya karena bulu lembut dan indahnya atau matanya yang memukau, tapi juga karena sikapnya yang bisa bikin kita terkesima.

Meskipun kucing kecil biasanya lebih diminati, namun ada juga beberapa ras kucing yang justru disukai karena tubuhnya yang besar. Mereka bahkan bisa jauh lebih besar daripada kucing pada umumnya, bahkan ada yang seukuran anjing juga loh!

Nah, jika kamu ingin bertemu dengan kucing besar ini, kamu bisa mengenal beberapa macam-macam kucing besar di dunia yang akan membuatmu terkagum-kagum. Lantas seperti apa jenis kucing besar yang bisa dipelihara di rumah? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Savannah

Savannah pantas dianggap sebagai ras kucing terbesar di dunia karena penampilannya yang menyerupai cheetah. Berat kucing ini dapat mencapai antara 6,8 hingga 13,6 kilogram dengan panjang tubuh sekitar 40-46 sentimeter. Ukurannya jauh lebih besar daripada kucing biasa dan hampir menyerupai ukuran husky betina. Savannah dapat tumbuh sangat besar karena merupakan hasil dari persilangan antara kucing domestic. Persia dan kucing besar Afrika (serval). Hal ini membuat penampilannya sangat mirip dengan kucing hutan.

2. Maine Coon

Main coon termasuk ras kucing terbesar, tinggi dan sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Selain itu mereka juga sangat terkenal memiliki ukuran yang besar dan panjang. Sehingga tidak heran kadang kucing yang satu ini disebut anjing, karena tubuhnya yang besar dan sifatnya yang ramah. Untuk rata berat badan mereka antara 5- 12 kilogram dan panjangnya antara 48 cm hingga 1 m. 

Hal membuat banyak orang yang tertarik untuk memelihara kucing ini karena memiliki sifat yang lembut dan penuh kasih sayang. Kucing ini dijuluki sebagai kucing raksasa yang lembut, karena memiliki sifat baik dan setia terhadap pemiliknya. Bahkan, kucing ini bisa bermain dengan anak-anak. Namun, perlu diingat bahwa Main Coon tidak suka digendong atau dipeluk kecuali saat mereka yang benar-benar menginginkannya.

3. Bengal

Bengal merupakan salah satu jenis kucing terbesar berasal dari persilangan antara kucing domestik dan kucing hutan Asia. Mereka memiliki bulu tebal berwarna oranye kecoklatan dengan bintik-bintik hitamyang unik. Selain itu, Bengali memiliki otot yang kuat dan tubuh yang atletis, dengan kepala yang besar dan telinga yang tinggi.

 Kucing Bengal terkenal sebagai jenis kucing lucu yang aktif, cerdas, dan energik. Mereka memerlukan stimulasimental dan fisik yang cukup, serta dapat dilatih untuk melakukan trik-trik layaknya kucing domestik.

Meski demikian, karena masih memiliki sifat liar dari kucing hutan Asia, penting untuk memperoleh Bengal dari peternak yang terpercaya dan memberikan perawatan khusus. Meskipun begitu, kucing Bengal bisa menjadi hewan peliharaan setia dan akrab dengan pemiliknya. Namun, sebelum memeliharanya, pastikan untuk memeriksa peraturan lokal mengenai kepemilikan kucing terbesar.

4. Serval

Serval adalah jenis kucing peliharaan bertubuh besar di Indonesia, namun asalmunya mereka berasal dari Afrika sebelum sampai di Indonesia. Selain itu mereka dikenal memiliki bulu warna coklat kekuningan dengan bintik-bintik hitam yang besar dan telinga yang panjang berpola unik warna hitam dan putih. Bahkan, kucing serval dikenal sebagai kucing yang aktif dan lincah, serta cerdas dan penasaran. 

Mereka biasanya makan burung, tikus, dan hewan kecil lainnya. Namun, karena mereka termasuk hewan liar, penting untuk memperoleh Serval dari peternak yang terpercaya dan berlisensi, serta memberikan perawatan yang khusus dan memeriksa peraturan lokal mengenai kepemilikan kucing terbesar. 

Jenis kucing erval tidak dianjurkan sebagai hewan peliharaan di kebanyakan negara karena sifatnya yang liar dan potensial membahayakan manusia. Tapi, jangan khawatir jika mereka dilatih dan diurus dengan penuh kasih sayang, jenis kucing yang satu ini bakal nurut dengan tuannya. Dan apabila kamu ingin merawatnya kamu harus memberikan ruangan yang luas, sehingga kamu tidak bisa menempatkan mereka di dalam rumah atau apartemen.

5. Caracal Cat

Kucing bulu pendek berwana coklat kemerahaan atau abu-abu ini berasal dari negara Afrika dan Asia. Barat. Selain itu mereka terkenal memiliki telinga panjang dengan bulu tebal di ujungnya dan otot yang kuat dan kaki yang panjang dengan kuku yang besar dan tajam. Sehingga mereka terkenal sebagai predaktor yang tangkas, cepat, lindah dan atletis. Bahkan mereka bisa memakan hewan kecil seperti tikus, kelinci, dan burung, serta dapat melompat hingga 3 meter untuk menangkap mangsa.

Hal itu membuat mereka termasuk hewan liar dan dilindungi di beberapa negara dan tidak dianjurkan untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan di kebanyak tempat. Nah, bagi kamu yang ingin memelihara hewan yang satu ini, sangat penting untuk memperolehnya dari peternak yang terpercaya dan berlisensi serta memeriksa peraturan lokal mengenai kepemilikan kucing besar.

6. Bobcat

Bobcat adalah kucing yang berasal dari Amerika Utara yang memiliki warna bulu berwarna coklat kekuningan dengan bintik-bintik hitam yang besar, serta telinga yang panjang dengan bulu tebal di ujungnya. Hewan ini termasuk ras kucing besar di Indonesia, karena mereka juga memiliki otot yang kuat dan kaki panjang dengan kuku yang besar dan tajam. 

Bahkan, mereka dikenal sebagai predator yang tangkas dan cepat, serta cerdas belajar dan mempunyai tingkat penasaran yang tinggi serta dapat melompat dan memanjat dengan lincah untuk menangkap mangsa.Kucing Bobcat termasuk hewan liar dan dilindungi di beberapa negara, sehingga tidak dianjurkan untuk dipelihara atau dijadikan sebagai hewan peliharaan di kebanyakan tempat. 

Namun, jika kamu ingin memelihara kucing ini, penting untuk memperolehnya dari perternak yang terpercaya dan berlisensi serta memeriksa peraturan local mengenai kepemilikan kucing besar. Agar saat memelihara hewan ini, mereka dapat hidup aman dan tidak akan merasa terganggu atau juga merugikan orang lain dan masyarakat setempat.

7. Norwegian Forest Cat

Norwegian Forest Cat adalah kucing besar yang berasal dari negara Norwegia dan memiliki bulu tebal serta lebat sangat berguna untuk melindungi mereka dari suhu atau musim dingin yang panjang di negara asalnya. Selain itu kucing ini dikenal sebagai kucing yang tenang, penuh kasih sayang, dan ramah terhadap manusia dan hewan peliharaan lainnya. 

Mereka juga terkenal menjadi hewan yang cerdas dam suka bermain, serta sangat aktif. Sehingga mereka sangat membutuhkan stimulasi fisik dan mental yang cukup. Kucing dikenal sebagai hewan yang sehat dan kuat dengan harapan hidup yang panjang.

Namun, sama halnya dengan jenis kucing lainnya, penting untuk memperoleh Norwegian Forest Cat dari peternak yang terpercaya dan memeriksa peraturan lokal mengenai kepemilikan kucing besar. Meskipunkucing ini terlihat besar dan sangat, tapi dengan matanya berwarna kuning ini, mereka akan terlihat ramah, senang bermain, cerdas dan cukup aktif.

8. Ragdoll

Hewan yang termasuk sebagai kucing besar yang berasal dari Amerika Serikat adalah Ragdoll. Mereka dikenal memiliki tubuh yang besar dan berat. Selain itu, memiliki bulu lebat dan lembut serta memiliki mata biru yang memukau. Kucing Ragdoll terkenal sebagai hewan yang tenang, lembut dan penuh kasih sayangf dengan sifat yang mudah dijinakkan. Mereka juga sangat akrab dengan pemiliknya dan senang berada di dekat manusia.

Jenis kucing terbesar ini biasanya sangat toleran terhadap anak-anak dan hewan peliharaan lainnya, serta tidak suka berkelahi. Mereka juga relatif tidak aktif dan membutuhkan stimulasi mental yang cukup untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. 

Mekipun kucing ini mempunyai alergenik yang rendah, sehingga mereke bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kucing. Namun, seperti halnya dengan jenis kucing lainnya, penting untuk memperoleh Ragdoll dari peternak yang terpercaya dan memeriksa peraturan lokal mengenai kepemilikan kucing terbesar.

9. Scottish Fold

Salah satu jenis kucing yang berasal dari Skotlandia dengan telinga mereka yang unik yang terlibat ke depan, sehingga memberikan tampilan wajah yang imut dan menyenangkan adalah Scottish Fold. Selain itu, ras kucing Scottish Fold memiliki tubuh yang sedang hingga besar, dengan bulu lebat dan lembut, serta mata besar dan bulat yang menawan. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai kucing yang ramah, penyayang, dan cerdas dengan sifat yang mudah dijinakkan. Scottish Fold juga sangat aktif dan memerlukan stimulasi fisik dan mental yang cukup, serta senang bermain dengan mainan

10. Persian

Persian termasuk kucing besar yang berasal dari Iran. Mereka memiliki bulu lebat dan lembut, serta memiliki wajah yang bulat dengan hidung yang pesek. Kucing persian dikenal sebagai kucing yang tenang, santai, dan penyayang dengan sifat yang mudah dijinakkan. Mereka juga senang berada di dekat manusia dan cocok untuk kehidupan dalam ruangan. 

Bahkan, kucing jenis persian biasanya tidak terlalu aktif dan tidak memerlukan banyak stimulasi fisik, namun membutuhkan perawatan bulu yang intensif untuk menjaga bulu mereka tetap sehat dan berkilau. Selain itu, kucing ini dikenal juga sebagai kucing yang mudah bergaul dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

Namun, karena bentuk hidung mereka yang pesek dapat menyebabkan masalah pernapasan, penting untuk memperoleh Persian dari peternak yang terpercaya dan memeriksa riwayat kesehatan mereka sebelum membelinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Fakta Menarik Anjing Alaskan Malamute yang Perlu Diketahui

5 Fakta Menarik Chuckwalla, Hewan Reptil yang Dapat Berubah Bentuk Balon!