Mengenal Hewan Thorny Devil, Klasifikasi, Ciri dan Fakta Menariknya


Tahukah Anda bahwa di gurun Australia yang keras dan tandus, terdapat makhluk yang benar-benar unik dan menakjubkan? Thorny Devil, atau dalam bahasa Latin disebut Moloch horridus, adalah salah satu kadal paling khas di dunia dan menjadi hewan reptil.

Dengan tubuhnya yang dipenuhi duri dan tonjolan, mereka adalah contoh nyata dari adaptasi luar biasa hewan terhadap lingkungan yang keras. 

Diantara kita pasti banyak yang bertanya tentang mengenal  thorny devil, klasifikasi, ciri dan fakta Menariknya. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.

Klasifikasi Thorny Devil

Klasifikasi ilmiah Thorny Devil (Moloch horridus) adalah sebagai berikut:

Kerajaan: Animalia (Hewan)

Filum: Chordata (Kordata)

Kelas: Reptilia (Reptil)

Ordo: Squamata (Squamata adalah ordo reptil yang mencakup kadal, ular, dan beberapa kelompok reptil lainnya.)

Famili: Agamidae (Keluarga Agamidae adalah keluarga kadal yang termasuk Thorny Devil.)

Genus: Moloch

Spesies: Moloch horridus

Ciri ciri Hewan Thorny Devil

Berikut adalah beberapa ciri-ciri Thorny Devil:

1. Duri dan Tonjolan

Thorny Devil memiliki tubuh yang dipenuhi dengan duri dan tonjolan berbentuk kerucut. Ini adalah ciri khas yang sangat mencolok. Duri-duri ini berfungsi sebagai perlindungan dari pemangsa dan juga membantu dalam penyamaran.

2. Ukuran Kecil

Kadal kecil dengan panjang tubuh biasanya antara 20 hingga 23 sentimeter. Mereka memiliki tubuh yang gemuk dan pendek.

3. Penyamaran

Kulit Thorny Devil dapat berubah warna sesuai dengan lingkungannya. Ini memungkinkan mereka untuk menyamar dengan baik di lingkungan gurun dan padang rumput kering tempat mereka hidup.

4. Warna Khas

Warna dasar Thorny Devil adalah abu-abu hingga cokelat dengan bintik-bintik berwarna lebih terang di sepanjang tubuhnya. Warna ini membantu mereka menyatu dengan pasir gurun.

5. Kaki Pendek dan Gemuk

Thorny Devil memiliki kaki yang pendek dan gemuk dengan jari-jari kaki yang berkembang. Meskipun mereka memiliki kaki, mereka lebih suka merangkak daripada berjalan.

6. Lidah Panjang dan Lengket

Thorny Devil memiliki lidah yang panjang dan lengket yang digunakan untuk menangkap semut, makanan utama mereka. Lidah ini membantu mereka menangkap semut dengan cepat.

7. Pemompaan Darah

Saat merasa terancam, Thorny Devil dapat memompa tubuhnya dengan darah, membuat diri mereka terlihat lebih besar dan menakutkan sebagai taktik pertahanan.

8. Bentuk Kepala Tidak Biasa

Kepala Thorny Devil memiliki bentuk yang tidak biasa dengan mata yang terletak di bagian samping kepala. Ini memungkinkan mereka untuk melihat di berbagai arah tanpa harus berputar.

9. Berpunggung Lebar

Diketahui mempunyai punggung yang lebar dengan dua baris duri yang menonjol. Duri-duri ini dapat diarahkan ke arah pemangsa yang mendekati sebagai taktik pertahanan.

10. Hidup Soliter

Termasuk sebagai hewan soliter dan jarang ditemukan berkelompok. Mereka cenderung hidup sendirian.

11. Pola Perilaku yang Khas

Diketgahui sebagai hewan pemakan semut yang cukup lambat dalam bergerak. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari makanan dan menjaga diri dari pemangsa.

Fakta Menarik Thorny Devil 

Berikut adalah beberapa fakta menarik Thorny Devil yang perlu diketahui di bawah ini:

Penampilan dan Adaptasi

Thorny Devil memiliki tubuh yang berbentuk seperti kadal dengan panjang mencapai 20 cm. Tubuhnya ditutupi oleh duri-duri kecil yang berfungsi sebagai perlindungan dari predator. Duri-duri ini juga membantu Thorny Devil untuk menyerap air dan mencegah kehilangan air yang berlebihan.

Thorny Devil memiliki kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Saat suhu lingkungan menjadi lebih panas, tubuhnya akan berubah menjadi warna yang lebih terang untuk merefleksikan sinar matahari.

Habitat dan Distribusi

Thorny Devil merupakan hewan endemik dari Australia dan hanya dapat ditemukan di wilayah gurun dan padang rumput di Australia Barat dan Selatan. Hewan ini biasanya hidup di daerah yang kering dan berbatu dengan tanaman yang jarang tumbuh.

Makanan dan Pola Makan

Thorny Devil merupakan hewan yang makan semut. Hewan ini memiliki lidah yang lengket dan panjang yang memungkinkannya untuk menangkap semut dari sarang semut. Makanan yang dikonsumsi oleh Thorny Devil sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem karena hewan ini membantu mengendalikan populasi semut.

Reproduksi

Thorny Devil jantan memiliki kemampuan untuk menemukan pasangan yang sama sekali berbeda dengan warna tubuh mereka. Setelah bertemu dengan pasangan yang sesuai, Thorny Devil akan mengawini pasangannya selama beberapa jam. Setelah itu, betina akan bertelur di tanah dan menetas setelah 3-4 bulan.

Ancaman dan Konservasi

Thorny Devil termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi di Australia. Populasi hewan ini semakin berkurang karena perusakan habitat dan perburuan untuk dijadikan hewan peliharaan. Oleh karena itu, upaya konservasi sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup Thorny Devil di alam liar.

Demikianlah pembahasan tentang mengenal thorny devil, klasifikasi, ciri dan fakta menariknya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, sekian dan terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Jenis Kucing Besar di Dunia yang Cocok Dipelihara

Monyet Capuchin, Klasifikasi, Ciri, Jenis, Habitat dan Cara Merawatnya

10 Fakta Menarik Anjing Alaskan Malamute yang Perlu Diketahui