Mengenal Kura kura Matahari, Ciri, Makanan dan Habitatnya


Di antara beragam kehidupan air yang menghuni ekosistem perairan, ada satu makhluk yang menarik perhatian dengan pesona dan ciri khasnya yang mencolok adalah Kura-kura matahari atau disebut kura kura berduri dengan cangkangnya yang cerah dan mata oranye yang menawan, telah lama menjadi daya tarik bagi para pecinta hewan peliharaan.

Selain itu, kura kura duri adalah spesies endemik Indonesua yang banyak ditemukan beberapa wilayah di Sumatra dan Kalimantan. Dan dikenal bukan hanya sebagai hewan peliharaan yang paling populer, kura-kura duri ini juga memiliki sejarah yang kaya dan peran penting dalam keseimbangan ekosistem air yang mereka huni.

Melalui artikel ini, penuliskan akan mengulas tentang mengenal kura kura matahari, ciri, makanan dan habitatnya. Yuk langsung simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.

Ciri ciri Kura Matahari

Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari kura-kura duri yang perlu diketahui:

1. Ukuran dan Bentuk Tubuh

kura kura matahari terbesar memiliki ukuran tubuh yang relatif besar, dengan panjang karapas (cangkang) dewasa dapat mencapai 20 hingga 30 cm. Karapasnya memiliki bentuk yang agak membulat dan datar, dengan warna yang bervariasi antara hijau, cokelat, atau kombinasi keduanya.

2. Pola Warna

Ciri khas dari kura-kura matahari adalah adanya pola bercak kuning atau oranye di sisi kepalanya, yang terlihat seperti matahari terbit. Pola tersebut memberikan nama umum "kura-kura matahari" bagi spesies ini.

3. Ciri Kepala

Kura-kura duri ini dikenal memiliki kepala yang relatif besar dan kaki-kaki yang kuat, yang beradaptasi untuk bergerak di dalam air dan di darat. Pada kepala kura-kura matahari terdapat dua strip kuning yang memanjang dari mata hingga belakang telinga.

4. Habitat

kura kura matahari darat atau air umumnya ditemukan di perairan tawar seperti danau, rawa, sungai, dan kolam dengan vegetasi yang cukup. Mereka juga dapat beradaptasi dengan baik di habitat buatan seperti kolam atau akuarium.

5. Perilaku

Kura-kura matahari dikenal memiliki perilaku -kura yang aktif secara siang hari (diurnal) dan sering terlihat berjemur di atas batu atau tumbuhan di dalam air. Mereka adalah hewan omnivora, yang berarti mereka memakan berbagai jenis makanan, termasuk tanaman air, serangga, ikan kecil, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Habitat Kura kura Matahari

Kura kura duri dikenal sebagai spesies asli indonesia yang terdapat di beberapa wilayah, maka penyebaran habitatnya berada serta di beberapa bagian Asia Tenggara lainnya seperti Myanmar, Thailand bagian Selatan, Semenanjung Malaya serta beberapa pulau kecil di sekitarnya. Mereka biasanya ditemukan di habitat-habitat berair yang tenang seperti danau, kolam, sungai, rawa, dan kanal- kanal dengan vegetasi yang melimpah.

Namun kura kura matahari ini cenderung berjemur di bawah sinar matahari di batu-batu atau permukaan yang terpapar sinar matahari untuk mengatur suhu tubuh mereka. Habitat semacam ini memberikan mereka akses baik ke air dan darat, sesuai dengan sifat semi-akuatiknya.

Makanan Kura kura Matahari

Kura-kura duri memiliki ragam pilihan makanan yang terdiri dari berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Berikut ini adalah sejumlah opsi makanan yang dapat diberikan kepada kura-kura duri, antara Reptil ini sangat gemar menyantap sayuran hijau seperti kangkung, bayam, serta daun selada. Di samping itu, buah-buahan seperti apel, pisang, dan stroberi juga termasuk dalam daftar makanan favorit mereka.

Dalam rangka memastikan asupan protein yang cukup, kura-kura Matahari memerlukan sumber protein yang andal. Oleh karena itu, ikan merupakan salah satu alternatif baik yang dapat diberikan dalam porsi matang, seperti ikan salmon atau ikan tuna. Udang juga dapat menjadi sumber protein yang sangat baik untuk kura-kura Matahari, memberikan variasi dalam pilihan makanannya.

Selain itu, beberapa jenis serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, dan belalang juga merupakan opsi makanan yang cocok untuk kura-kura Matahari. Pastikan untuk memberikan makanan yang beragam dan seimbang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kura-kura duri peliharaanmu.

Demikianlah pembahasan tentang mengenal kura kura matahari, ciri, makanan dan habitatnya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Beruang Madu, Ciri, Perilaku, Habitat dan Fakta Menariknya

5 Fakta Menarik Anjing Pomeranian Lengkap Ciri, Jenis dan Habitatnya

7 Fakta Menarik Babi Rusa yang Perlu Diketahui